RANCANG BANGUN MESIN PERAKITAN SAYAP PESAWAT AEROMODELLING BERJENIS FREE FLIGHT GLIDER DENGAN SISTEM OTOMASI

4217010032, Iqbal Slamet Fathi Yakan (2023) RANCANG BANGUN MESIN PERAKITAN SAYAP PESAWAT AEROMODELLING BERJENIS FREE FLIGHT GLIDER DENGAN SISTEM OTOMASI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas, Bab 1, Bab 5, Lampiran] Text (Halaman Identitas, Bab 1, Bab 5, Lampiran)
Halaman Identitas_Iqbal Slamet Fathi Yakan_4217010032.pdf

Download (23MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4_Iqbal Slamet Fathi Yakan_4217010032.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip_Iqbal Slamet Fathi Yakan_4217010032.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (701kB)

Abstrak

Olahraga Aeromodelling menjadi salah satu cabang olahraga dirgantara dengan menggunakan pesawat model jenis glider. Dalam fabrikasi sayap pesawat, harus dipastikan part yang dirakit berada dalam toleransi, maka perakitan yang dihasilkan akan akurat secara posisi, dimensional, dan geometris. Proses perakitan tersebut dilakukan secara manual dengan kebutuhan keterampilan khusus untuk memperoleh hasil produk sayap yang akurat dan presisi. Maka, pada penelitian ini dilakukan rancang bangun mesin rakitan sayap pesawat aeromodelling berjenis free flight glider dengan system otomasi. Tujuannya untuk memperoleh hasil perakitan sayap yang sesuai target toleransi akan diterapkan teknologi Fixture yang diintegerasikan dengan sistem otomasi. Sehingga keakuratan dan kepresisian produk sayap masuk dalam toleransi yang telah ditentukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Quality Function Deployment, yang mana pada metode ini memperhatikan kebutuhan konsumen dan menterjemahkannya kedalam karakteristik engineering. Dalam mekanismenya, mesin ini menggunakan ulir daya dan engkol peluncur sebagai konsep pergerakan. Prototipe yang telah dibuat tidak menyangkut keseluruhan dari desain asli mesin. Hasil uji coba yang dilakukan sebanyak 10 kali, memperlihatkan bahwa perakitan 1 panel sayap pesawat telah memenuhi gap dan batas toleransi yang telah ditentukan. Pada hasil perakitan terbaik, bila nilai 18 gap yang ada dirata-rata pengukurannya memiliki nilai sebesar 27,008 mm.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 680 Produksi untuk keperluan khusus
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 681 Produksi instrumen presisi dan perangkat lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Iqbal Yakan
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:20
Last Modified: 15 Feb 2023 02:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10508

Actions (login required)

View Item
View Item