1805413023, Jesra Viliano and 4517010050, Siti Nurazizah Dwivany and 1805413060, Thalita Naila (2023) RANCANGAN USAHA SOCIAL MEDIA DAN EVENT MARKETING AGENCY OLEH CV JYOTI CREATIVA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Pendahuluan - CV Jyoti Creativa.pdf
Download (11MB)
ISI-CV Jyoti Creativa.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (7MB)
Abstrak
CV Jyoti Creativa didirikan pada tahun 2022 dan mulai beroperasional
secara resmi dengan melakukan aktivitas penjualan pada awal tahun 2023.
Perusahan bergerak dalam jasa social media dan Event Marketing Agency dengan
nomor KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Indonesia) 63122 yaitu jenis usaha Portal
Web dan Platform Digital dengan Tujuan Komersial.
Modal awal perusahaan yaitu sebesar Rp100.000.000 (Seratus Juta Rupiah)
yang berasal dari investasi 3 (tiga) orang pendiri perusahaan yaitu Jesra Viliano
sebagai Direktur Utama sebesar Rp40.000.000 (40%), Siti NurazizahDwivany
sebagai Direktur Keuangan sebesar Rp30.000.000 (30%), dan Thalita Naila
Azzahra sebagai Direktur Pemasaran sebesar Rp30.000.000 (30%).
Produk utama perusahaan adalah Social Media Marketing yaitu jasa
pemasaran melalui social media dengan konten-konten serta desain yang dapat
menarik calon klien. Perusahaan juga memiliki produk pendukung berupa event
marketing yaitu sebuah pemasaran melalui penyelenggaraan sebuah event sesuai
dengan kebutuhan klien.
CV Jyoti Creativa memiliki dua paket produk jasa yaitu, Gold Package
merupakan paket yang terdiri dari jasa pemasaran melalui digital marketing seperti
website, social media content, ads, dll harga yang ditawarkan untuk Gold Package
yaitu Rp20.625.000. Untuk Silver Package merupakan paket event. marketing seperti, pelaksanaan pressconference dan product launching harga yang
ditawarkan untuk silver package yaitu Rp12.531.250.
Segmentasi pasar yang perusahaan tuju adalah segala jenis usaha yang
menghasilkan produk ataupun jasa yang ingin dipasarkan dengan skala UMKM
Nasional dan perusahaan yang memiliki produk barang atau jasa baru yang
berdomisili di daerah YOGYAKARTA. Targeting perusahaan kami berfokus
kepada perusahaan atau UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memiliki
produk barang atau jasa baru yang ingin mereka promosikan.
Positioning perusahaan sebagai penyedia jasa social media dan event
marketing agency yang dapat membantu klien memasarkan produk barang atau jasa
yang klien miliki sehingga dapat menarik minat konsumen. Strategi pemasaran
yang digunakan perusahaan adalah 7p: product, price, place, people, promotion,
physical evidence dan process.
Strategi promosi akan memanfaatkan teknologi digital melalui fitur
GoogleAds, InstagramAds, dan Social Media Content sehingga akan menjangkau
konsumen yang sesuai dengan target perusahaan.Perhitungan Net Present Value
(NPV) CV Jyoti Creativa memiliki NPV sebesar Rp37.548.678,95 (tiga puluh tujuh
juta lima ratus empat puluh delapan enam ratus tujuh puluh delapan rupiah).
Usaha dinilai layak jika NPV > 0 atau bernilai positif, maka perushaan layak
dijalankan. Pada perhitungan Payback Period (PP), modal awal perusahaan akan
kembali dalam waktu 1 tahun 4 bulan 29 hari dengan pertimbangan kondisi pasar
yang stabil.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Jesra Viliano |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 09:34 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 09:34 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10155 |