1805413059, Dinda Putri Arizma (2023) RANCANGAN USAHA PENYEDIA JASA PENYELENGGARAAN PAMERAN UMKM FOOD BEVERAGE OLEH CV RAZSTAVA DAKARA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Isi Bab 3 sd Bab 6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Judul, Pendahuluan, Penutup.pdf
Download (18MB)
Abstrak
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia tahun 2022, jumlah UMKM di Indonesia sektor makanan dan minuman saat ini terdapat sekitar 3,4 juta atau sebesar 44,9%. Dampak dari covid-19 semenjak tahun 2020 dalam usaha makanan dan minuman skala mikro mencapai penurunan sebesar 27% sedangkan usaha kecil sebesar 1,77%. CV Razstava Dakara merupakan perusahaan jasa yang bergerak dibidang penyelenggaraan pameran UMKM Indonesia untuk sektor food & beverage yang akan meliputi pelaku bisnis UMKM Indonesia di sektor Food & Beverage untuk membangkitkan kembali kesejahteraan UMKM setelah terdampak pandemi covid-19. Produk utama yang dirancang oleh CV Razstava Dakara yaitu penyelenggaraan pameran UMKM “Indonesia Food Beverage”. Dalam pameran UMKM “Indonesia Food Beverage” yang memiliki tagline “The Journey of Indonesian Culinary”.
Tak hanya itu, CV Razstava Dakara juga merancang produk pendukung yang akan terselenggara pada tahun ke 4 (empat) yaitu Business Hacks yang mana pelaksanaan produk pendukung ini untuk pengembangan usaha bisnis CV Razstava Dakara agar tidak hanya terfokus pada penyelenggaraan pameran, tetapi juga kegiatan yang dapat mendukung para UMKM sesuai dengan visi dan misi perusahaan. CV Razstava Dakara berencana akan bekerjasama dengan target utama client yaitu Pemerintah Republik Indonesia dirasa memiliki peranan besar dalam membantu membuka peluang bagi para pelaku UMKM sektor food & beverage untuk mendapatkan investor dan mengembangkan usahanya dengan cara mengirimkan para UMKM binaannya untuk ikut serta menjadi exhibitor di pameran UMKM “Indonesia Food Beverage”. Namun, CV Razstava Dakara tetap membuka peluang bagi pihak lainnya untuk dapat bekerja sama dalam menyelenggarakan pameran food & beverage bagi para pelaku UMKM Indonesia. CV Razstava Dakara menggunakan strategi pemasaran berupa marketing mix yaitu 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence) untuk memasarkan produk.
Dalam pendirian awal perusahan CV Razstava dakara memiliki modal awal sebesar Rp100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah). Berdasarkan analisis Payback Period (PP), CV Razstava Dakara akan menerima kembali modal awal dalam jangka waktu 1 tahun 5 bulan 6 hari. Kemudian CV Razstava Dakara memiliki nilai Net Present Value (NPV) senilai Rp242.798.699, Selanjutnya CV Razstava Dakara memiliki Profitability Index (PI) sebesar 3,42 yang artinya perusahaan layak dijalankan karena nilai PI > 1. Pada analisis Return on Investment (ROI),
dapat dilihat pada perusahaan CV Razstava Dakara mampu mengembalikan presentase laba bersih sebesar 57% di tahun 2023, selanjutnya sebesar 12% di tahun 2024 dan 55% pada tahun 2025. Lalu dalam Initial Rate of Return (IRR), persentase yang diraih yaitu 98% lebih besar dibandingkan dengan tingkat nilai suku bunga terendah yaitu 8%. Berdasarkan seluruh analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari sisi keuangan perusahaan, CV Razstava Dakara memenuhi persyaratan dalam penilaian kelayakan usaha.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 334 Koperasi, sistem perkoperasian 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Dinda Putri Arizma |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 05:04 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 05:08 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10121 |